Diaspina, I Wayan and Kariati, Ni Made and Hariyanti, Ni Kadek Dessy (2022) Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi BPD Bali Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction pada Bank BPD Bali Cabang Gianyar. Repository Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_2115764004_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (239kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_2115764004_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (241kB) |
Abstract
Dengan aplikasi BPD Bali Mobile nasabah dapat mengakses layanan produk dana dan jasa perbankan dengan menggunakan smartphone, dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja selama 24 jam. Namun Sebagaimana hasil wawancara yang peneliti lakukan kepada pemakai BPD Bali Mobile pada Bank BPD Bali Cabang Gianyar, adanya beberapa complain yang didapat seperti proses akses login yang lambat, warna aplikasi kurang menarik, dan cara menggunakan fitur layanan yang kurang diketahui. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna BPD Bali Mobile. Alasan ini mendasari peneliti untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi BPD Bali Mobile dengan metode End User Computing Satisfaction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh End User Computing Satisfaction terhadap kepuasan pengguna aplikasi BPD Bali Mobile pada Bank BPD Bali Cabang Gianyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil variabel conten (X1), accuracy (X2), format (X3), dan time lines (X5) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (Y), sedangkan variabel ease of use (X4) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Saran yang diberikan agar Bank BPD Bali Cabang Gianyar dapat meningkatkan dan mengoptimalkan aplikasi BPD Bali Mobile, dalam memberikan pelayanan yang mengutamakan kepuasan, dan mempertahankan kepercayaan pengguna untuk terus bertransaksi menggunakan aplikasi BPD Bali Mobile. Kata Kunci : End User Computing Satisfaction, Kepuasan Pengguna, Mobile Bangking
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | I Wayan Diaspina |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:54 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
View Item |