Lebe, Nadila Intan Salsabilah J and Sutarma, I Gusti Putu and Septevany, Elvira (2022) Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834169_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (117kB) |
|
Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834169_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (686kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta yang terletak di Jl. Gajah Mada No. 67, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, daerah Istimewa Yogyakarta 55166. Ketatnya per-saingan hotel di Yogyakarta pada saat masa pan-demi berlangsung menyebabkan tiap-tiap manajemen ho-tel perlu untuk mengembangkan lebih lagi strategi pemasaran digital yang tepat. Tujuan penelitian ini yai-tu untuk menganalisis penerapan digital marketing dan pengaruhnya dalam meningkatkan kepuasan tamu pada Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta melalui indikator 8 dimensi digital marketing yang dikemukakan oleh Ryan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu penyebaran kuesioner dan observasi non partisipan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan SPSS 26. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Jambuluwuk Mali-oboro Hotel Yogyakarta dan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan 100 re-sponden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digital marketing pada Jambuluwuk Mali-oboro Hotel Yogyakarta dilakukan secara mandiri oleh pihak manajemen hotel dan beberapa di antaranya tidak terlepas dari kontribusi kantor pusat PT.ARCS. Selain itu, digital marketing pada Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta juga berpengaruh secara positif dan signif-ikan terhadap kepuasan tamu, yang artinya penerapan digital marketing pada Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta telah dil-akukan dengan optimal maka adanya pengaruh kepuasan tamu pada Jambuluwuk Malioboro Hotel Yogyakarta.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Nadila Intan Salsabilah J Lebe |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 08:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 10:58 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4453 |
Actions (login required)
View Item |