Gunawan, I Made Edi and Sagitarini, Luh Linna and Ernawati, Ni Made (2022) Strategi Penjualan Kamar oleh Reception dalam Meningkatkan Occupancy di St Regis Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93303_2115854029_Artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_2115854029_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (271kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari strategi penjualan kamar sehingga nantinya bisa ditentukan strategi penjualan yang terbaik untuk meningkatkan tingkat hunian kamar oleh reception di St. Regis Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, wawancara terstruktur, kuesioner dan dokumentasi. Populasi diambil dari semua reception di St. Regis Bali. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Hotel St. Regis Bali memiliki kekuatan Sarana pendukung hotel berstandar bintang 5 dan berbasis green hotel.Produk pendukung lain (pasilitas hotel) dapat meningkatkan penjualan kamar.Penggambaran tentang hotel yang berbasis green hotel melalui resort tour, Informasi yang diberikan kepada para tamu (Brosur hotel,web hotel,atau informasi lainnya)sangat efektif dalam penjualan kamar sedangkan kelemahannya adalah Menawarkan kamar yang lebih mahal terlebih (up selling) dalam penjualan kamar serta penjualan kamar yang dilakukan kepada para tamu yang datang untuk menikmati pasilitas hotel (SPA, Restoran, BAR dan yang lainya)(cross selling) kurang efektif dalam meningkatkan penjualan kamar.Saran yang di berikan kepada manajemen St Regis Bali adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan teknik penjualan kamar kepada reception dalam meningkatkan penjualan kamar,memberikan rewards kepada reception sebagai appresiasi dan motivasi kepada mereka yang telah berkontribusi dalam peningkatan tingkat hunian kamar,menggabungkan dan memilih tehnik penjualan kamar yang paling efektif dalam meningkatkan occupancy.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektro |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Made Edi Gunawan |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:02 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4521 |
Actions (login required)
View Item |