Pengembangan Model Corporate Social Responsibility Hotel Berbasis Filosofi Tri Hita Karana Di Kabupaten Badung, Bali

Dewi, Nyoman Indah Kusuma and Mataram, I Gusti Agung Bagus and Siwantara, I Wayan (2016) Pengembangan Model Corporate Social Responsibility Hotel Berbasis Filosofi Tri Hita Karana Di Kabupaten Badung, Bali. Politeknik Negeri Bali. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing 2015 DRPM)
Laporan Akhir-Nyoman Indah K Dewi.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6594

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) selama ini mendapat perhatian yang lebih serius pada perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam karena merupakan kewajiban oleh pemerintah. Bahkan, pelaksanaan program CSR telah pula mendapat peningkatan perhatian pada sektor industri perhotelan walaupun CSR pada sektor industri perhotelan belum merupakan suatu keharusan. Hal ini disebabkan karena adanya trend konsumen yang sadar akan pentingnya melestarikan bumi dan lingkungan hidup yang ada di dalamnya (green consumer). Oleh sebab itu agar mempunyai nilai lebih untuk menarik konsumen maka sebuah hotel dapat menerapkan konsep ramah lingkungan untuk kegiatan operasionalnya dan juga melakukan program CSR yang menyasar masyarakat sekitarnya dan yang membutuhkan bantuan. Filosofi hidup masyarakat Bali telah pula menganut keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Sehubungan dengan hal ini maka dipandang perlu untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan suatu model penerapan CSR berdasarkan atas filosofi hidup masyarakat Bali yaitu Tri Hita Karana agar model ini berdayaguna dan berhasil guna bagi hotel itu sendiri serta stakeholders hotel khususnya di Bali. Hotel akan dapat meningkatkan reputasi dan tingkat hunian (paling tidak para green consumer) sehingga keberlanjutannya dapat dipertahankan dalam jangka panjang. Sedangkan masyarakat dapat ditingkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya. Tujuan penelitian ini dibagi menjadi tujuan penelitian tahun pertama dan tujuan penelitian tahun kedua. Tujuan penelitian tahun pertama adalah untuk mengembangkan model pelaksanaan CSR hotel yang berlandaskan filosofi Tri Hita Karana yang dilengkapi dengan SOP dan template. Penelitian tahun pertama telah selesai dengan telah teridentifikasinya program CSR hotel yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Badung kemudian dilanjutkan dengan pembuatan model penerapan CSR hotel berdasarkan atas filosofi Tri Hita Karana. Model ini dilengkapi dengan SOP dan template pelaksanaan program CSR pada website hotel. Penelitian tahun kedua ini akan difokuskan pada proses validasi model yang diperoleh pada tahun pertama sehingga model ini menjadi sahih dan siap digunakan oleh hotel yang ingin memperoleh feedback yang positif dari pelaksanaan CSR. Sehingga akan diperoleh model yang tepat, berdaya guna dan berhasil guna khususnya bagi pelaksanaan CSR hotel dan masyarakat di Kabupaten Badung pada umumnya. Validasi dan pengembangan model penerapan CSR hotel, SOP dari model penerapan CSR hotel, dan template penerapan CSR di website hotel berdasarkan filosofi Tri Hita Karana. Kegiatan ini dilakukan dengan sub kegiatan berikut: validasi model tahap 1 yang melibatkan pihak hotel dengan metode survey dan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk analisis data; revisi model, SOP dan template; sosialisasi model, SOP dan template pada kegiatan seminar dan forum ilmiah; perbaikan dari hasil sosialisasi jika ada; dan finalisasi model, SOP dan template. Finalisasi model penerapan CSR hotel, SOP dari model tersebut, dan template penerapan CSR di website hotel berdasarkan filosofi Tri Hita Karana. Kegiatan ini dilakukan dengan sub kegiatan berikut: membuat desain penelitian; validasi tahap 2 dari model CSR, SOP dan template dengan metode Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan ahli CSR dan Tri Hita Karana.

Item Type: Other
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Publikasi
Depositing User: Nyoman Indah Kusuma Dewi
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:40
Last Modified: 20 Jun 2023 03:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item