Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Variabel Layanan Samsat Drive Thru sebagai Variabel Moderasi

Meirayani, Dhea and Hardika, Nyoman Sentosa and Ayuni, Ni Wayan Dewinta (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Variabel Layanan Samsat Drive Thru sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644039_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644039_0016106407_0022068901_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penerimaan pajak masih belum diterima secara maksimal dikarenakan masih adanya tunggakan dan denda pajak kendaraan bermotor. Hal itu diakibatkan karena masih ada wajib pajak yang tidak patuh dalam membayar pajak kendaraan dari segi waktu pembayaran, yang mencerminkan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor belum maksimal. Guna menanggapi hal tersebut, kualitas pelayanan pajak perlu diperhatikan karena merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak. Dengan kualitas pelayanan yang baik maka akan memberikan kenyamanan bagi wajib pajak sehingga mendorong kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Selain itu, salah cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan modernisasi pelayanan pajak melalui layanan samsat drive thru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Di samping itu, pada penelitian ini juga dilakukan pengujian moderasi layanan samsat drive thru atas kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa kuesioner yang disebar kepada 100 wajib pajak kendaraan bermotor dan pengguna layanan samsat drive thru Kantor Samsat Badung. Pengujian variabel penelitian ini menggunakan metode Structural Evaluation Model – Partial Least Square (SEM PLS) dengan aplikasi SmartPLS 3.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dan layanan samsat drive thru dapat memoderasi dengan sifat memperkuat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kata kunci: kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, kualitas pelayanan, layanan samsat drive thru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Dhea Meirayani
Date Deposited: 18 Sep 2022 11:19
Last Modified: 18 Sep 2022 11:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item