Implementasi Green Practice untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office Departement di Padma Resort Ubud

Dewi, Kadek Bunga Risma and Suarja, I Ketut and Sagitarini, Luh Linna (2022) Implementasi Green Practice untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office Departement di Padma Resort Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834057_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover -Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_93303_1815834057_0031126242_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan green practice untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada front office department di Padma Resort Ubud dan mengetahui indikator manakah yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada front office department di Padma Resort Ubud. Metode pengumpulan data yang digunakan data adalah observasi, kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 responden dan informan sebanyak 3 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dibantu dengan SPSS 25.0 for windows. Hasil dari deskriptif kualitatif menunjukan bahwa penerapan green practice pada front office department di Padma Resort Ubud sudah maksimal. Hasil dari analisis kuantitatif dimana data yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah IPA (Impoortance Performance Analysis) menunjukan indikator green practice yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu (X3) lobby hotel memiliki pencahayaan dan ventilasi alami, (X4) pelayanan proses check in yang cepat dan tepat oleh karyawan dengan didukung oleh kemampuan komputerisasi, (X9) front office staff merespon permintaan dan keluhan tamu dengan menyediakan whatsapp number sebagai alat komunikasi, (X13) front office staff selalu memberikan perhatian secara individual dan memahami kebutuhan tamu, dan (X15) front office staff mampu memenuhi tingkat kebutuhan tamu. Sementara indikator yang harus dipertahankan yaitu (X12) front office staff mampu berkomunikasi yang jelas dan baik dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, (X14) front office staff selalu bersikap ramah dan sopan kepada tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Kadek Bunga Risma Dewi
Date Deposited: 14 Sep 2022 00:35
Last Modified: 14 Sep 2022 00:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item