Bagaskara, Kadek Dwiky Wibisana and Sudiarta, Made and Sutama, I Ketut (2022) Penerapan Green Ethics dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Tamu oleh Front Office Department di Hilton Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834101_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5, Referensi)
RAMA_93303_1815834101_0006126808_0031126359_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Green Ethics Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Tamu Oleh Front Office Department di Hilton Bali Resort. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan green ethics oleh Front Office Department dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Hilton Bali Resort dan Faktor apakah yang paling berpengaruh dari penerapan green ethics oleh Front Office Department dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Hilton Bali Resort. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan green ethics oleh Front Office Department dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Hilton Bali Resort. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Sustainability, Hospitality, dan Build Enviromental and Cultural Awareness. Sedangkan variabel terikatnya adalah Kualitas Pelayanan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini menurut jenisnya adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan data menurut sumbernya yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa informasi-informasi mengenai hotel Hlton Bali Resort yang didapatkan melalui website hotel dan langsung dari human resource manager hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI) , Servqual, dan Important Performance Analysis (IPA), dengan rentang skala likert. Hasil penelitian menunjukkan penerapan green ethics pada beberapa sub-indikator variabel hospitality pelaksanaanya dianggap kurang baik menurut pelanggan. Variabel sustainability, dan build enviromental and cultural awareness sudah baik menurut pelanggan. Dampak penerapan green ethics dalam meningkatkan kualitas pelayanan tamu di Hilton Bali Resort adalah terciptanya kelestarian lingkungan di hotel Hilton Bali Resort dan kepercayaan serta kepuasan tamu tetap terjaga, yang akhirnya akan membuat tamu datang kembali ke Hilton Bali Resort. Kata Kunci : Ethics Dalam, Kualitas Pelayanan Tamu, Front Office Department di Hilton Bali Resort
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Dwiky Wibisana Bagaskara |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:52 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 22:05 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/699 |
Actions (login required)
View Item |