Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar

Anggreni, Ni Kadek Widya and Widiantara, I Made and Lasmini, Ni Ketut (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_ 63411_2015713012_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_ 63411_2015713012_0018027901_0016126505_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Di era digital seperti saat ini, BPJS Kesehatan menciptakan inovasi untuk memberikan kemudahan akses pelayanan bagi peserta JKN melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan mendapat skor yang cukup baik di angka 4,5 dari skala 5 ini, telah diulas oleh lebih dari 486.000 orang di playstore. Mayoritas dari ulasan tersebut merupakan ulasan yang positif, namun tidak sedikit juga pengguna yang kecewa terhadap kinerja dari aplikasi ini. Berdasarkan hal ini, penulis merasa tertarik untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan KC Denpasar. Dalam penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah yang ditetapkan, antara lain: 1. Apa saja fitur penting yang wajib diketahui peserta di aplikasi Mobile JKN?, 2. Bagaimana tingkat kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan KC Denpasar?, 3. Bagaimana upaya – upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan aplikasi Mobile JKN agar lebih efektif dan efisien?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebar akan disusun dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah persentase tingkat kepuasan pengguna aplikasi Mobile JKN yang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi sistem aplikasi tersebut, dan saran pengembangan aplikasi agar lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kepuasan penggunanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Widya Anggreni
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:57
Last Modified: 05 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item