Purnata, I Nyoman and Kariati, Ni Made and Elfarosa, Ketut Vini (2023) Analisis Alur Pembuatan Invoice Di PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713034_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_0015127705_0003120675_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (642kB) |
Abstract
Dalam era globalisasi saat ini ilmu komunikasi dan ekonomi berkembang dengan sangat pesat, juga pertumbuhan ekonomi yang cepat berubah. Oleh karena itu setiap negara dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, profesional, dan terampil dalam berbagai keahlian pekerjaan. Mengingat sulitnya untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan profesional, maka perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan cara membantu mahasiswa merasakan ketatnya persaingan di dunia kerja dengan mengadakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program Praktik Kerja Lapangan merupakan sarana penting bagi pengembangan diri dalam dunia kerja yang nyata. Ada banyak bidang dan perusahaan yang bisa dicoba dalam Praktik Kerja Lapangan, contohnya seperti di Perusahaan PT Gapura Angkasa. PT Gapura Angkasa merupakan perusahaan yang Didirikan oleh Garuda Indonesia, Angkasa pura I dan Angkasa Pura II yang bertujuan untuk memberikan layanan pendukung operasi bandar udara, seperti penanganan apron, pergudangan, bagasi, penumpang dan pesawat terbang. Dalam perusahaan ini, terdapat bagian atau divisi yang memicu kelancaran dalam melaksanakan pekerjaan. Salah satu divisi yang penting yaitu keuangan (Piutang). Jika berbicara mengenai penagihan, pastinya tidak jauh berhubungan dengan invoice. Menurut Andrian Sutedi, Invoice merupakan satu dokumen penting dalam perdagangan karena melalui data-data dalam invoice ini dapat diketahui berapa jumlah wesel yang akan ditarik, jumlah penutupan asuransi, dan penyelesaian segala macam bea masuk. Dalam pembuatan invoice, adapun kendala yang sering dialami Di PT Gapura Angkasa, yaitu adanya revisi setelah invoice sudah selesai dan sudah dikirim, sehingga hal itu membuat waktu terbuang dan keterlambatan pembayaran oleh pelanggan. Hal tersebut menjadi alasan saya tertarik untuk menulis penelitian ini. Dalam penelitian ini terdapat 2 rumusan masalah yang ditetapkan. Rumusan masalah tersebut antara lain "Bagaimana analisis alur pembuatan invoice di PT gapura Angkasa Cabang Denpasar?", dan "Kendala dan solusi apa yang dialami PT Gapura Angkasa Cabang Denpasar dalam Pembuatan invoice ?". Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Serta luaran yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu dapat memberikan solusi terkait kendala-kendala yang dialami pada saat penerbitan atau pembuatan invoice. sehingga hal itu membuat waktu terbuang dan keterlambatan pembayaran oleh pelanggan. Hal tersebut menjadi alasan saya tertarik untuk menulis penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Nyoman Purnata |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 01:26 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:26 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7498 |
Actions (login required)
View Item |