Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Koperasi Simpan Pinjam Jujur Utama Mandiri

Visiani, Ni Kadek Dwi and Subratha, I Nyoman and Subiyanto, Paulus (2023) Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Koperasi Simpan Pinjam Jujur Utama Mandiri. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644119_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644119_0002086212_0022066108_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam Jujur Utama Mandiri terus meningkat selama 3 tahun terakhir. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja koperasi belum maksimal dalam mengatasi permasalahan kredit. Oleh karena itu, perlu dilakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan kredit, baik dari sisi keuangan maupun non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sekaligus mendeskripsikan kinerja perusahaan dengan perspektif balanced scorecard pada periode tertentu. Data yang digunakan pada penelitian ini yakni data primer berupa hasil wawancara dengan ketua koperasi serta kepala bagian akuntansi dan data sekunder berupa data laporan posisi keuangan perusahaan, laporan laba rugi perusahaan, serta laporan rekap nominatif pinjaman tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Alat ukur yang digunakan adalah balanced scorecard untuk menganalisis standar kinerja koperasi berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, serta rasio perhitungan perspektif keuangan untuk mengevaluasi kinerja keuangan koperasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan metode balanced scorecard menunjukkan bahwa perspektif keuangan koperasi dikategorikan kurang baik karena masih terdapat nominal utang yang tinggi serta perolehan SHU yang rendah. Selain itu, kinerja pada perspektif pelanggan sudah cukup baik meskipun adanya penurunan jumlah pelanggan namun Koperasi Simpan Pinjam Jujur Utama Mandiri tetap mendapatkan kepercayaan pelanggan dan proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan menunjukan hasil yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Dwi Visiani
Date Deposited: 05 Sep 2023 09:30
Last Modified: 05 Sep 2023 09:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item