Implementasi Transaksi Non Tunai Dalam Penerimaan Kas Pada Hyatt Regency Bali

Lestari, Ni Kadek Sandranitha Bella and Putra, I Komang Mahayana and Elfarosa, Ketut Vini (2023) Implementasi Transaksi Non Tunai Dalam Penerimaan Kas Pada Hyatt Regency Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713074_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713074_0017106302_0003127605_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Seiring perkembangan informasi dan teknologi, kegiatan transaksi mengalami berkembang pesat. Saat ini transaksi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu transaksi tunai dan transaksi non tunai. transaksi non tunai menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) berupa kartu kredit, kartu debit, ataupun kartu ATM, cek, bilyet giro, maupun uang elektronik. Transaksi non tunai tersebut merupakan wujud nyata dari inovasi Bank Indonesia yaitu pencanangan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada 14 Agustus 2014 dengan tujuan agar masyarakat memiliki pemahaman terhadap penggunaan media pembayaran non tunai untuk melakukan transaksi pembayaran. Hyatt Regency Bali turut menerapkan transakasi non tunai dalam kegiatan operasional khususnya pada penerimaan kas yang telah mengalami peningkatan dalam 3 (tiga) tahun terakhir. Akan tetapi dalam proses pelaksanaan penerimaan kas transaksi non tunai dirasa kurang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan dalam proses transaksi non tunai diperlukan dokumen-dokumen pendukung sehingga cukup banyak menghabiskan kertas. Di samping hal tersebut juga, tamu belum memahami bahwa dalam memverifikasi deposit kartu kredit harus menggunakan kartu yang sama dengan nomor kartu yang mereka gunakan saat melakukan deposit. Perbedaan nomor kartu ini mengakibatkan harus melakukan proses pengembalian dana / refund. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana implementasi transaksi non tunai dalam penerimaan kas non tunai pada Hyatt Regency Bali?". Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data-data yang berbentuk kata, skema, dan gambar. Adapun luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah brosur panduan terkait cara melakukan transaksi non tunai khususnya kartu kredit dalam pemesanan hotel yang ditujukan kepada tamu. Sehingga dapat membantu Hyatt Regency Bali dalam melakukan penerimaan kas non tunai dengan lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Sandranitha Bella
Date Deposited: 09 Sep 2023 07:23
Last Modified: 09 Sep 2023 07:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8605

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item