Pelaksanaan Kegiatan Washing Floor oleh Public Area Attendant di Area Lobby The Apurva Kempinski Bali

Bagaskara, I Made Jaya Utama and Novianti, Kadek Dwi Pradnyani and Putra, I Gusti Agung Sadnyana (2023) Pelaksanaan Kegiatan Washing Floor oleh Public Area Attendant di Area Lobby The Apurva Kempinski Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823143_081111901_0023036309_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823143_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu hotel berbintang 5 yang sedang banyak digemari di Bali adalah The Apurva Kempinski Bali yang terletak di Kawasan Nusa Dua. Dalam operasionalisasinya, hotel tersebut memperkerjakan lebih dari 100 orang staff dengan sebanyak 10 Departemen yang memiliki peranan dan fungsinya masing-masing dan saling mendukung satu sama lainnya, salah satunya adalah housekeeping department atau biasa disebut dengan departemen tata graha.Adapun seksi-seksi yang ada di bagian Housekeeping adalah Room Section, Laundry, dan Public Area. Seksi Public Area memiliki tugas untuk menjaga kebersihan dari area lobby entrance hingga restroom hotel. Para Public Area yang bertugas di hotel tersebut memiliki tugas khusus yaitu washing floor di area sekitaran lobby menggunakan mesin khusus yaitu CT80. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tata cara dari pelaksanaan kegiatan washing oleh Public Area Attendant di area lobby The Apurva Kempinski Bali, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi public area saat pelaksanaan kegiatan washing di area lobby The Apurva Kempinski Bali, dan untuk mengetahui cara mengatasi kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan kegiatan washing di area lobby The Apurva Kempinski Bali. Hasil dari penulisan ini yaitu pelaksanaan kegiatan washing floor di the Apurva Kempinski Bali terdiri dari dua persiapan, yaitu persiapan diri dan persiapan peralatan yang menggunakan mesin CT80, sedangkan untuk kendala yang terjadi terletak pada pengoperasian dari mesin CT80.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Made Jaya Utama Bagaskara
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:30
Last Modified: 08 Sep 2023 06:30
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item