Evaluasi Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Perusahaan PT Bima Nusa Internasional

Musliana, Rida and Sudana, I Made and Apriani, Endang Sri (2023) Evaluasi Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Perusahaan PT Bima Nusa Internasional. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644205_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644205_0028126106_0005049501_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan industri penyewaan alat berat yang sangat ketat, seperti munculnya inovasi baru, harga yang terbilang murah, selain itu, pihak manajemen dituntut untuk menggunakan sistem manajemen yang baik dan dapat dijadikan alat untuk meningkatkan kinerja manajerialnya. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai penerapan Total Quality Management (TQM), kinerja manajerial, dan pengukuran kinerja perusahaan dengan diterapkan TQM pada perusahan PT Bima Nusa Internasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan Total Quality Management (TQM) di perusahaan PT Bima Nusa Internasional telah berjalan dengan baik dan terdiri dari lima unsur TQM meliputi: fokus pada pelanggan. Perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kesatuan tujuan serta adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. (2) Kinerja manajerial perusahaan dengan diterapkan Total Quality Management (TQM) belum maksimal dilakukan. Karena terdapat satu unsur TQM yaitu kerja sama tim yang belum sesuai dan diterapkan secara maksimal. Sehingga kinerja manajerial dapat meningkat berkat penerapan Total Quality Management (TQM) yang ada. Pengukuran kinerja manajerial menggunakan form penilaian kinerja, perspektif pelanggan, dan retensi karyawan. Maka dari itu perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap peningkatan kualitas kinerjanya secara maksimal dengan tujuan untuk menilai baik buruknya suatu produk atau pelayanan dalam mencapai kemajuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Rida Musliana
Date Deposited: 08 Sep 2023 09:50
Last Modified: 08 Sep 2023 09:50
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item