Kepuasan Pada Corporate Social Responsibility Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Kencana, I Made Ari Artha and Adnyana, Ida Bagus Artha and Suryathi, Wayan (2023) Kepuasan Pada Corporate Social Responsibility Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

This is the latest version of this item.

[img] Text
RAMA_93308_1915744087_0016126505_0031126376_part.pdf

Download (800kB)
[img] Text
RAMA_93308_1915744087_full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterapkan oleh PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan mengidentifikasi pengaruhnya terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah non-probability sampling dengan metode pemilihan sampel menggunakan convenience sampling, dengan sebanyak 45 UMKM sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap CSR yang diterapkan oleh PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dikategorikan sebagai "puas." Selain itu, kinerja UMKM di wilayah tersebut juga dinilai "baik." Analisis data lebih lanjut mengungkapkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepuasan terhadap CSR dengan kinerja UMKM. Artinya, semakin tinggi tingkat kepuasan responden terhadap kebijakan CSR perusahaan, semakin baik kinerja UMKM yang terlibat dalam lingkungan bisnis tersebut. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya implementasi kebijakan CSR yang berhasil dalam meningkatkan kinerja UMKM, yang merupakan bagian vital dari ekonomi lokal. Hasil ini memberikan kontribusi bagi perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya untuk lebih memahami bagaimana investasi dalam tanggung jawab sosial dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan usaha lokal. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, termasuk ukuran sampel yang terbatas pada wilayah tertentu. Oleh karena itu, penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar dan representatif dapat dilakukan untuk validasi dan generalisasi temuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Made Ari Artha Kencana
Date Deposited: 09 Sep 2023 15:28
Last Modified: 09 Sep 2023 15:28
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9504

Available Versions of this Item

  • Kepuasan Pada Corporate Social Responsibility Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (deposited 09 Sep 2023 15:28) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item