Noviani, Ni Kadek (2025) Pelayanan Breakfast oleh Server dengan Konsep Pro-active Guest Service pada Villa Lounge di The Apurva Kempinski Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823208_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93402_2215823208_0808098402_0817029402_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (821kB) |
Abstract
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan breakfast oleh server dengan konsep Pro-active Guest Service pada Villa Lounge di The Apurva Kempinski Bali, serta menjelaskan kendala dan solusi dalam pelaksanaannya. Pelayanan ini penting karena breakfast merupakan momen krusial yang memengaruhi first impression tamu terhadap hotel, khususnya bagi tamu-tamu eksklusif yang menginap di villa. Langkah-langkah penerapan tugas akhir ini dimulai dengan melakukan observasi langsung pada saat menjalani praktik kerja lapangan selama enam bulan di The Apurva Kempinski Bali, kemudian melakukan wawancara dengan mengajukan suatu pertanyaan secara langsung kepada pihak yang terlibat yaitu server, captain server, supervisor dan manager serta melakukan studi kepustakaan untuk memperkuat teori yang relevan. Selanjutnya, dilakukan analisis data secara deskriptif untuk menggambarkan penerapan pelayanan berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Penerapan tugas akhir ini menunjukkan bahwa konsep pro-active guest service diimplementasikan oleh server melalui berbagai tindakan antisipatif, seperti menyesuaikan menu dengan preferensi tamu, menyediakan kids cutleries tanpa diminta, hingga memberikan informasi tambahan terkait fasilitas hotel. Server dituntut memiliki inisiatif, pengamatan yang tajam, serta komunikasi yang efektif untuk menciptakan pengalaman breakfast yang cepat, personal, dan memuaskan. Terdapat beberapa kendala yang ditemukan antara lain delay service, keterlambatan dalam persiapan, tamu yang datang bersamaan, serta kesulitan dalam menangani kebutuhan khusus tamu, namun kendala tersebut dapat diatasi melalui kerja sama tim dan briefing rutin. Hasil tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi acuan peningkatan mutu pelayanan breakfast oleh server dengan konsep pro-active guest service di industri perhotelan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan breakfast, server, konsep pro-active guest service, villa lounge |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Kadek Noviani |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 12:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 12:58 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |