Antara, I Dewa Nyoman Buda (2025) Implementasi Dynamic Pricing dalam Mendukung Room Revenue di Cross Bali Breakers. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854036_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854036_0031126285_0026098907_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (413kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854036_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dynamic pricing dalam mendukung room revenue di Cross Bali Breakers. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi partisipatif dan wawancara dilakukan terhadap general manager, director of sales and marketing, revenue and ecommerce manager, ecommerce executive, dan reservation staff yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dynamic pricing dilakukan di Cross Bali Breakers dengan lima pendekatan yaitu waktu, permintaan, harga pesaing, segmen, dan harga paket. Temuan ini tercemin melalui pertumbuhan tingkat hunian kamar sebesar 12 persen, peningkatan pendapatan kamar sebesar 15 persen, dan kenaikan RevPAR sebesar 15 persen. Kelima pendekatan ini yang paling optimal adalah penyesuaian harga berdasarkan waktu, permintaan, dan harga pesaing karena adanya fluktuatif harga pada saat weekend dan end of the day, saat permintaan ramai maupun saat permintaan sepi, dan selalu aktif memantau harga pesaing yang ada di sekitar daerah Jimbaran. Sebaliknya penyesuaian harga berdasarkan segmen dan harga paket kurang optimal karena kurang agresif dalam menyasar segmen khusus seperti pemerintahan dan korporasi begitu juga kurang inovatif dalam pembuatan paket. Harga kamar tidak semata-mata termasuk sarapan namun harga kamar dapat pula di-bundling dengan aktivitas seperti spa ataupun tour. Berdasarkan hal tersebut maka dapat direkomendasikan untuk segmen corporate, dan government, perlu ditingkatkan dan diperluas jaringannya untuk mengoptimalkan pendapatan di setiap jalur distribusi. Begitu juga untuk harga paket biar lebih kreatif dan inovatif perlu dikembangkan dengan penambahan paket harga kamar termasuk fasilitas hotel sehingga paket lebih bervariatif dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dynamic Pricing, Room Revenue, Strategi Harga, Perhotelan, Cross Bali Breakers
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Dewa Nyoman Buda Antara
Date Deposited: 02 Aug 2025 11:48
Last Modified: 02 Aug 2025 11:48
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15964

Actions (login required)

View Item View Item