Rizky, Putu (2025) Implementasi Flash Sale Promotion dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar pada Cross Bali Breakers. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854048_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854048_0004037205_0808098402_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854048_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi flash sale promotion serta menganalisis dampaknya terhadap peningkatan tingkat hunian kamar di Cross Bali Breakers. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan lima orang informan yang dipilih secara purposive sebagai sumber data utama. Pusat penelitian terletak pada strategi flash sale dan pengaruh dari tujuh indikator, yakni empat indikator flash sale (frekuensi promosi, kualitas promosi, waktu promosi, dan ketepatan sasaran) serta tiga indikator dari tingkat hunian kamar (jumlah kamar terjual, ketersediaan kamar, dan rata-rata lama menginap). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi flash sale promotion berpusat pada tiga pasar besar yakni Australia, Prancis dan Inggris, melalui kemitraan strategis dengan agent perjalanan yang memiliki platform seperti Luxury Escapes, Voyage Prive/Jans Tour, dan Secret Escapes. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap lima informan yang dipilih, observasi di lapangan, dokumentasi, dan studi kasus, menunjukkan bahwa flash sale promotion terbukti mampu meningkatkan tingkat hunian kamar secara signifikan, khususnya pada masa low season di tahun 2024 dibandingkan dengan tidak diimplementasikannya flash sale ini dimana strategi tersebut dilakukan tiga kali dalam setahun. Dampak positif lainnya adalah peningkatan terhadap pendapatan hotel secara keseluruhan, dimana peningkatan rata-rata lama menginap tamu memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan konsumsi di berbagai outlet hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flash Sale Promotion, Tingkat Hunian Kamar, Strategi Promosi, Resort Villa, Industri Perhotelan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Putu Rizky
Date Deposited: 02 Aug 2025 11:23
Last Modified: 02 Aug 2025 11:41
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item