Wiguna, I Kadek Doni Pradipa (2025) Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Mendukung Kinerja Villa Butler pada The St. Regis Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834005_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834005_0031126285_0830128906_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (259kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834005_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam mendukung Kinerja Villa Butler pada The St. Regis Bali Resort. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara. Informan pada penelitian ini adalah sebanyak 4 orang informan yang dipilih melalui teknik penentuan informan yaitu purposive sampling dengan kriteria pernah menangani check-in di villa The St. Regis Bali Resort, bekerja sebagai butler minimal 5 tahun, mempunyai pengalaman menjadi tim pelaksana audit star rating dan hotel berbasis resiko. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan executive butler, senior butler, dan butler. Hasil penelitian menunjukan bahwa SOP sudah diterapkan dengan baik namun terdapat 3 SOP yang belum terimplementasi dengan baik pada saat high season yaitu penjelasan lobby, pemberian resort secara lengkap dan membiarkan tamu mengeksplorasi kamar sebelum butler menjelaskan. Penerapan SOP dapat mendukung kinerja villa butler The St. Regis Bali Resort. Temuan ini menunjukan bahwa penerapan SOP dapat mendukung kinerja villa butler dalam situasi high season. Penerapan SOP dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan dan memastikan tidak ada perbedaan pelayanan yang diberikan satu butler dengan butler lainnya. SOP butler yang tidak mendukung kinerja butler pada saat high season adalah pemberian resort tour secara lengkap dapat menghambat kinerja butler pada saat high season karena memakan banyak waktu dan memberikan tamu mengeksplorasi kamar akan memperpanjang durasi rooming. Untuk mendukung kinerja butler pada saat high season, disarankan memaksimalkan penggunaan barcode dalam memberikan informasi tentang hotel dengan cepat. Manajemen disarankan untuk mengevaluasi SOP terkait memberikan tamu untuk mengeksplorasi kamar sebelum butler menjelaskan sehingga mempersingkat durasi rooming.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, SOP, Kinerja, Villa Butler, The St. Regis Bali Resort |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Kadek Doni Pradipa Wiguna |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:28 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:28 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |