Ariawan, Made (2025) Analisis Pengaruh Pelatihan dan Insentif terhadap Kinerja Karyawan di The One Legian. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854006_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854006_0808098402_0022099010_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854006_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (839kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan insentif terhadap kinerja karyawan pada sektor perhotelan, dengan studi kasus di The ONE Legian. Kinerja karyawan merupakan indikator kunci dalam pencapaian tujuan organisasi, khususnya dalam industri jasa yang menuntut standar pelayanan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sejumlah karyawan yang dijadikan responden penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen, yaitu pelatihan dan insentif, terhadap variabel dependen, yaitu kinerja karyawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pelatihan maupun insentif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara simultan. Secara parsial hanya pelatihan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan insentif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Jika dilihat dari hasil penelitian terkait variabel mana yang lebih dominan, maka pelatihan merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan dibandingkan insentif karena pelatihan terbukti lebih efektif dalam membantu karyawan bekerja lebih baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi program pelatihan yang terstruktur dan pemberian insentif yang tepat dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan produktivitas serta kualitas kerja karyawan di sektor perhotelan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Insentif, Kinerja Karyawan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Made Ariawan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:59 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |