Nisa, Chairun (2025) Strategi Menu Engineering dalam Peningkatan Penjualan Menu À la Carte pada Silaturahmi Resto Cinnamon Hotel Boutique Syariah Bandung. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834106_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover,  Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93303_2115834106_0014076704_0829118602_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834106_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas menu à la carte di tengah fluktuasi penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis metode menu engineering berdasarkan data penjualan 2022–2024. Penelitian ini dilakukan di Silaturahmi Resto Cinnamon Hotel Boutique Syariah Bandung dengan tujuan mengklasifikasikan menu à la carte ke dalam empat kategori: Star, Plowhorse, Puzzle, dan Dog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 menu dalam kategori Star (Nasi Goreng Kampung dan Spaghetti/Fettucini Carbonara), 7 menu dalam kategori Plowhorse (Soto Ayam, Tom Yum Seafood, Fish & Chips, Mie Tek-Tek, Mie Goreng, French Fries & Sausage, dan Pisang Aroma), 10 menu dalam kategori Puzzle, dan 9 menu dalam kategori Dog. Berdasarkan hasil tersebut, strategi yang disarankan antara lain: (a) Untuk kategori Star, dilakukan strategi mempertahankan kualitas serta promosi visual menu unggulan; (b) Untuk kategori Plowhorse, strategi efisiensi biaya dan penyesuaian porsi diperlukan untuk meningkatkan margin; (c) Untuk kategori Puzzle, promosi kreatif seperti visualisasi menarik perlu diterapkan untuk mendorong peningkatan penjualan; (d) Untuk kategori Dog, reposisi menu melalui inovasi penyajian, perubahan nama, serta penempatan strategis pada daftar menu dan media digital menjadi solusi yang disarankan. Evaluasi menu secara berkala dengan metode menu engineering menjadi langkah penting untuk memastikan kontribusi optimal dari seluruh menu yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Marjin, Menu Engineering, Tingkat Popularitas, Menu À la Carte
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Chairun Nisa
Date Deposited: 08 Aug 2025 22:58
Last Modified: 08 Aug 2025 22:58
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item