Soares, Bazilo Nelson Belo (2025) Penerapan Kualitas Pelayanan oleh Staf Front Office terhadap Kepuasan Tamu di Loccal Collection Hotel Labuan Bajo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834161_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834161_0026098907_0025096002_part.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834161_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kualitas pelayanan oleh staf front office terhadap kepuasan tamu di Loccal Collection Hotel Labuan Bajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden yang merupakan tamu hotel, dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dengan Room Division Manager serta Supervisor Front Office. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,420, nilai signifikansi 0,000, dan nilai R square sebesar 0,785. Artinya, 78,5% variasi kepuasan tamu dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan. Temuan dari wawancara menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf telah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), meskipun masih perlu ditingkatkan, terutama dalam menghadapi jam-jam sibuk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan yang baik secara langsung berdampak pada meningkatnya kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu, Front Office, Regresi Linear
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Bazilo Nelson Belo Soares
Date Deposited: 10 Aug 2025 10:32
Last Modified: 10 Aug 2025 10:32
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16055

Actions (login required)

View Item View Item