Putra, I Made Nova Udayana (2025) Kualitas Pelayanan Guest Service Agent untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Fivelements Retreat Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854005_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93303_2415854005_0021076107_0008089105_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (294kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854005_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Tingginya persaingan dalam bisnis akomodasi, terutama di destinasi wisata unggulan seperti Bali, menjadikan peran Guest Service Agent (GSA) krusial dalam menciptakan pengalaman positif tamu melalui inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh GSA di Fivelements Retreat Bali dan menganalisis pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan tamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Data dikumpulkan dari 62 responden yang merupakan tamu hotel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan GSA tergolong baik. Sementara itu, hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan GSA dengan kepuasan tamu. Rekomendasi yang dihasilkan dari hasil penelitian adalah perbaikan fasilitas fisik (peralatan kerja, area lobi, dan area kerja GSA), peningkatan keandalan informasi layanan, daya tanggap karyawan, pengetahuan dan keterampilan GSA, serta empati dalam memenuhi kebutuhan tamu di Fivelements Retreat Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Guest Service Agent, Kepuasan Tamu
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Made Nova Udayana Putra
Date Deposited: 10 Aug 2025 10:01
Last Modified: 10 Aug 2025 10:01
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item