Nugraha, I Gusti Putu Pradipta (2025) Implementasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Bali Zoo Gianyar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834120_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834120_0026098907_0012047004_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834120_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kualitas pelayanan serta pengaruhnya terhadap kepuasan pengunjung di Bali Zoo Gianyar. Kualitas pelayanan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan lima dimensi model SERVQUAL yaitu tangibles, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei terhadap 100 responden pengunjung Bali Zoo. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji validitas, reliabilitas, korelasi, regresi linear sederhana, dan uji-t dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima dimensi kualitas pelayanan berada dalam kategori sangat terimplementasi dengan skor rata-rata tertinggi pada dimensi empathy sebesar 4.50. Analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690. Uji regresi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Sig. 0,000 < 0,05), dengan kontribusi sebesar 47,6% terhadap variabel kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil ini, disarankan Bali Zoo untuk terus mempertahankan keunggulan pada dimensi empathy, serta melakukan peningkatan pada aspek tangible dan reability untuk meningkatkan kepuasan pengunjung secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Bali Zoo
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Gusti Putu Pradipta Nugraha
Date Deposited: 20 Aug 2025 11:50
Last Modified: 25 Aug 2025 23:08
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item