Dharma, I Komang Egha Danu (2025) Implementasi Proactive Behavior dalam Mendukung Kualitas Kerja Front Office pada Sanctoo Suites & Villas. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_211583407_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834075_0031126285_00030059504_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (296kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834075_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam industri perhotelan, kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator utama keberhasilan bisnis dalam industri perhotelan. Pelanggan yang puas cenderung untuk kembali menggunakan layanan yang sama dan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Manajemen hotel perlu menerapkan berbagai strategi untuk memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang memuaskan selama menginap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi proactive behavior di front office pada Sanctoo Suites & Villas dan menganalisis implementasi Proactive behavior dapat mendukung kualitas kerja pada Sanctoo Suites & Villas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur, serta dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku proaktif staf front office di Sanctoo Suites & Villas tercermin melalui inisiatif, kemandirian, adaptasi terhadap perubahan, dan kepedulian terhadap kepuasan tamu, yang secara nyata mendukung kualitas kerja, efektivitas pelayanan, dan pencapaian standar layanan yang lebih tinggi secara berkelanjutan. Rekomendasi yang dapat diterapkan pada penelitian ini berupa disarankan untuk secara rutin memberikan ruang bagi staf untuk berinisiatif, seperti melalui program inovasi pelayanan dan forum diskusi internal yang mendorong penyampaian ide-ide baru, sekaligus memberikan dukungan berupa pelatihan pengembangan soft skills, coaching leadership, serta sistem penghargaan bagi yang menunjukkan inisiatif kerja yang positif, serta diharapkan pihak manajemen mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kebebasan berpendapat dan pengambilan keputusan, memberikan umpan balik yang membangun secara berkala, serta melibatkan staf dalam evaluasi proses kerja guna menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap tanggung jawab masing-masing, dengan demikian karyawan akan merasa lebih termotivasi untuk terus memperbaiki performa kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Kerja, Proactive Behavior, Front Office |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Komang Egha Danu Dharma |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:00 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |