Narendra, Gede Dimas Pery (2025) Implementasi Standard Operational Procedure Pelayanan dalam Upaya Mendukung Kinerja Karyawan Front Office di Sanctoo Suites & Villas. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834077_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834077_0009127902_0026106308_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (988kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834077_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Prosedur Operasional (SOP) layanan dan perannya dalam mendukung kinerja karyawan Front Office di Sanctoo Suites & Villas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, yang melibatkan seluruh 12 karyawan Front Office. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menilai tingkat implementasi SOP di tujuh dimensi utama: efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, pemecahan masalah, perlindungan tenaga kerja, pemetaan alur kerja, dan batas operasional. Selain itu, analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengevaluasi bagaimana implementasi SOP berkontribusi terhadap kinerja karyawan berdasarkan indikator seperti produktivitas, kualitas, kompetensi, dan komitmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SOP di Sanctoo Suites & Villas termasuk dalam kategori "sangat tinggi" di semua dimensi yang diukur. Penerapan SOP telah meningkatkan kinerja karyawan Front Office secara signifikan dengan meningkatkan efisiensi kerja, memastikan konsistensi layanan, dan meminimalisir kesalahan operasional. Studi ini merekomendasikan pelatihan SOP rutin dan pengawasan manajerial yang konsisten untuk menjaga kinerja karyawan dan kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Standard Operational Procedure, Departemen Front Office, Kinerja Karyawan
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Gede Dimas Pery Narendra
Date Deposited: 18 Aug 2025 00:05
Last Modified: 18 Aug 2025 00:05
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item