Narendra, Gede Dimas Pery (2025) Implementasi Standard Operational Procedure Pelayanan dalam Upaya Mendukung Kinerja Karyawan Front Office di Sanctoo Suites & Villas. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834077_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834077_0009127902_0026106308_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (988kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834077_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Prosedur Operasional (SOP) layanan dan perannya dalam mendukung kinerja karyawan Front Office di Sanctoo Suites & Villas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, yang melibatkan seluruh 12 karyawan Front Office. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menilai tingkat implementasi SOP di tujuh dimensi utama: efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, pemecahan masalah, perlindungan tenaga kerja, pemetaan alur kerja, dan batas operasional. Selain itu, analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengevaluasi bagaimana implementasi SOP berkontribusi terhadap kinerja karyawan berdasarkan indikator seperti produktivitas, kualitas, kompetensi, dan komitmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SOP di Sanctoo Suites & Villas termasuk dalam kategori "sangat tinggi" di semua dimensi yang diukur. Penerapan SOP telah meningkatkan kinerja karyawan Front Office secara signifikan dengan meningkatkan efisiensi kerja, memastikan konsistensi layanan, dan meminimalisir kesalahan operasional. Studi ini merekomendasikan pelatihan SOP rutin dan pengawasan manajerial yang konsisten untuk menjaga kinerja karyawan dan kepuasan tamu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Standard Operational Procedure, Departemen Front Office, Kinerja Karyawan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Gede Dimas Pery Narendra |
Date Deposited: | 18 Aug 2025 00:05 |
Last Modified: | 18 Aug 2025 00:05 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |