Putra, Komang Andhika (2025) Implementasi Pelatihan untuk Peningkatan Kinerja Karyawan pada Front Office Department di Hotel Grand Hyatt Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834111_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_93303_2115834111_0009127902_0031126283_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (455kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834111_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja karyawan front office memegang peranan penting dalam menciptakan pengalaman tamu serta menjaga citra positif hotel. Grand Hyatt Bali menghadapi tantangan dalam menjaga konsistensi kualitas hasil kerja dan pelatihan sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan diterapkan serta sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja karyawan front office. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel berjumlah 32 karyawan front office yang telah mengikuti program pelatihan. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,645 dan signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,704 menunjukkan kontribusi pelatihan terhadap peningkatan kinerja cukup tinggi. Pelatihan yang dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil kerja, ketepatan waktu dalam penyelesaian tugas, efisiensi biaya operasional, serta menurunkan ketergantungan pada pengawasan langsung. Selain itu, pelatihan juga berkontribusi dalam membentuk sikap kerja yang lebih profesional, meningkatkan rasa tanggung jawab dan menurunkan tingkat kesalahan kerja yang dapat merugikan hotel. Kata Kunci: Pelatihan, Kinerja Karyawan, Front Office Department
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Kinerja Karyawan, Front Office Department |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Komang Andhika Putra |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 01:31 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |