Wintari, Ni Wayan Meita (2025) Peran Customer Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713200_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713200_0031126290_0017106302_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (674kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Customer Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar” ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer service berperan sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi, membantu administrasi, mendampingi pemohon dalam penggunaan aplikasi M-Paspor, serta menangani keluhan secara ramah dan profesional. Peran tersebut meningkatkan kepuasan masyarakat meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan antrian panjang. Penelitian ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. menyimpilkan bahwa customer service memiliki peran strategis dalam mewujudkan pelayanan yang responsif, transparan, dan berkualitas di Kata kunci: Customer Service, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Service, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Wayan Meita Wintari |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 01:44 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |