Wintari, Ni Wayan Meita (2025) Peran Customer Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713200_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713200_0031126290_0017106302_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Customer Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar” ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer service berperan sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi, membantu administrasi, mendampingi pemohon dalam penggunaan aplikasi M-Paspor, serta menangani keluhan secara ramah dan profesional. Peran tersebut meningkatkan kepuasan masyarakat meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan antrian panjang. Penelitian ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. menyimpilkan bahwa customer service memiliki peran strategis dalam mewujudkan pelayanan yang responsif, transparan, dan berkualitas di Kata kunci: Customer Service, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Wayan Meita Wintari
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:44
Last Modified: 19 Aug 2025 01:44
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item View Item