Saraswati, Ni Made Satya (2025) Implementasi Marketing Mix dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kamar pada Departemen Sales and Marketing di Rimba by Ayana Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834130_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834130_0014076704_00040775008_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (372kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834130_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di RIMBA by AYANA Bali, yang merupakan salah satu unit yang dimiliki AYANA Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran pemasaran yang diterapkan oleh departemen sales and marketing dalam upaya meningkatkan penjualan kamar RIMBA by AYANA Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dengan empat informan dari departemen sales and marketing, dan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan di departemen yang sama. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu analisis statistik deskriptif dengan menghitung hasil penyebaran kuesioner menggunakan tabel distribusi frekuensi, dan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari wawancara yang telah dilakukan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui nilai rata-rata dari lima variabel bauran pemasaran adalah produk sebesar 4,28, harga sebesar 4,35, promosi sebesar 4,43, tempat sebesar 4,22 dan orang sebesar 4,03. Berdasarkan hasil tersebut, promosi tampak menjadi faktor yang paling berperan dalam upaya meningkatkan penjualan kamar RIMBA by AYANA Bali. Hasil tersebut pun diperkuat oleh hasil wawancara dengan 4 orang informan, yang seluruhnya sepakat bahwa promosi memegang peranan paling dominan dibandingkan dengan keempat variabel lainnya. Walaupun promosi memperoleh skor rata-rata tertinggi, bukan berarti variabel lain tidak turut andil. Seluruh variabel tetap memberikan peranan, hanya saja tidak setinggi yang ditunjukkan oleh variabel promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Bauran Pemasaran, Penjualan Kamar, Departemen Sales dan Marketing |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Satya Saraswati |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:13 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:13 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |