Oktaviana, Ni Luh Lisa (2025) Analisis Implementasi Kinerja Karyawan terhadap Tingkat Hunian Kamar di Holiday Inn Resort Bali Canggu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834049_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834049_0031126457_0004037205_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (365kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834049_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari meningkatnya permintaan upgrade kamar oleh tamu saat tingkat hunian penuh, kinerja karyawan sangat diuji, karena karyawan harus menangani permintaan tamu, mengelola ekspektasi tamu, serta memberikan solusi alternatif yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kinerja karyawan dan tingkat hunian kamar di Holiday Inn Resort Bali Canggu selama enam bulan terakhir, dari Juli hingga Desember 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada seluruh karyawan Holiday Inn Resort Bali Canggu sebanyak 95 sampel serta dilakukan wawancara dengan 3 narasumber yaitu Assistant Room Division Manager, Human Resources Department, dan Housekeeping Attendant. Selain itu juga dilakukan observasi, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi sederhana, uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan kinerja karyawan dievaluasi berdasarkan empat dimensi utama yaitu kualitas kerja, kuantitas, kemampuan, dan pengetahuan, dengan nilai rata-rata sebesar 74,55% yang tergolong tinggi. Namun, hasil uji statistik menunjukkan bahwa hubungan antara kinerja karyawan dan tingkat hunian kamar bersifat positif tetapi lemah dan tidak signifikan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,156 dan determinasi hanya sebesar 2,4%. Hal ini menunjukkan bahwa faktor lain seperti strategi pemasaran, harga, lokasi, dan hal lainnya lebih dominan dalam memengaruhi tingkat hunian selain itu wawancara dengan pihak internal hotel mengindikasikan bahwa pengaruh kinerja karyawan lebih bersifat tidak langsung dan jangka panjang melalui peningkatan kepuasan tamu, loyalitas pelanggan, dan promosi dari mulut ke mulut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Karyawan, Tingkat Hunian Kamar, Implementasi, Analisis
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Lisa Oktaviana
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:19
Last Modified: 19 Aug 2025 02:19
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16243

Actions (login required)

View Item View Item