Wigraha, I Made Nitsan Sadhu (2025) Analisis Kinerja Karyawan Guest Relation Officer dalam Mendukung Kualitas Pelayanan di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834082_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834082_0031126285_0017016807_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (637kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834082_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja karyawan guest relation officer dalam mendukung kualitas pelayanan di Renaissance Bali Nusa Dua Resort. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan cara mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan guest relation officer di Renaissance Bali Nusa Dua Resort secara umum tergolong baik, terlihat dari pelaksanaan tugas yang sesuai standar, kedisiplinan terhadap jadwal kerja, kemampuan menyelesaikan seluruh tugas harian, serta koordinasi yang baik antar rekan kerja di lingkungan front office. Kinerja karyawan GRO sangat berperan dalam mendukung kualitas pelayanan hotel, khususnya pada aspek efisiensi, efektivitas, dan ketepatan dalam memenuhi kebutuhan tamu. Namun, masih terdapat beberapa indikator kinerja yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kecepatan respons dan kemampuan adaptasi terhadap kebutuhan tamu yang beragam. Peningkatan kompetensi dan pelatihan karyawan menjadi strategi utama untuk mengoptimalkan peran guest relation officer dalam memberikan pelayanan prima. Kinerja karyawan guest relation officer yang optimal dapat mendukung kualitas pelayanan dan memperkuat daya saing Renaissance Bali Nusa Dua Resort di industri perhotelan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Karyawan, Guest Relation Officer, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Made Nitsan Sadhu Wigraha |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:25 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:25 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |