Kusuma, Raymond Dio (2025) Analisis Kualitas Layanan Respon Host Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Platform Online Vacation Rental pada Madhava Asia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744030_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744030_0030076308_0009098804_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (769kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744030_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan respon host pada platform Online Vacation Rental (OVR) Airbnb Madhava Asia dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan negatif antara tingkat kepentingan dengan rata-rata sebesar 4,24 dan rata-rata tingkat kinerja sebesar 3,52 yang mengindikasikan bahwa pelanggan tidak puas terhadap layanan yang diberikan. Dari 15 item layanan yang dianalisis, tiga di antaranya berada pada Kuadran A (Prioritas Utama) dan memerlukan perbaikan segera, sementara lima item berada di Kuadran B (Pertahankan Prestasi), lima item di Kuadran C (Prioritas Rendah), dan tiga item di Kuadran D (Berlebihan). Saran yang diajukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan meliputi pembaruan rutin informasi dan foto property, penerapan standar konten listing yang jelas dan konsisten, serta pelatihan bagi host untuk menyampaikan informasi secara akurat. Selain itu, diperlukan SOP penanganan masalah secara jarak jauh, optimalisasi media komunikasi real-time , dan sistem penjadwalan host secara bergilir. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan layanan yang lebih baik di sektor penyewaan property.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis (IPA), Airbnb, Kepuasan Pelanggan, Madhava Asia |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Raymond Dio Kusuma |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 12:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 12:30 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |