Saraswati, Made Dyah Asti (2025) Implementasi Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Semarapura. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713204_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713204_0022046210_0018027901_part.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (664kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Implementasi Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Semarapura. Tujuannya untuk mengetahui kemudahan layanan digital bagi nasabah serta peran Customer Relationship Officer (CRO) dalam mendukung penggunaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PDS mempermudah transaksi dan meningkatkan efisiensi layanan, meskipun masih terdapat kendala teknis dan keterbatasan pemahaman nasabah. Peran CRO sangat penting dalam memberikan edukasi, bantuan teknis, dan pendampingan. Aplikasi PDS mampu meningkatkan kualitas layanan Pegadaian, namun perlu optimalisasi sistem dan sosialisasi lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pegadaian, Digital Service, CRO, Pelayanan Publik |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Made Dyah Asti Saraswati |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:12 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:12 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |