Saraswati, Made Dyah Asti (2025) Implementasi Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Semarapura. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713204_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713204_0022046210_0018027901_part.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (664kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Semarapura. Tujuannya untuk mengetahui kemudahan layanan digital bagi nasabah serta peran Customer Relationship Officer (CRO) dalam mendukung penggunaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PDS mempermudah transaksi dan meningkatkan efisiensi layanan, meskipun masih terdapat kendala teknis dan keterbatasan pemahaman nasabah. Peran CRO sangat penting dalam memberikan edukasi, bantuan teknis, dan pendampingan. Aplikasi PDS mampu meningkatkan kualitas layanan Pegadaian, namun perlu optimalisasi sistem dan sosialisasi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pegadaian, Digital Service, CRO, Pelayanan Publik
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Made Dyah Asti Saraswati
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:12
Last Modified: 20 Aug 2025 08:12
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item View Item