Devi, Ni Putu Erika Listyananda (2025) Pengaruh Sales Growth, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2115644163_0024037609_0006076110_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (933kB) |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644163_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644163_iThenticate.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia menyebabkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Dalam menghadapi kondisi ini, setiap perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan kinerja dan meningkatkan nilai perusahaan agar tetap eksis dan diminati oleh investor. Upaya yang dapat dilakukan perusahaan antara lain meningkatkan pertumbuhan penjualan (sales growth), mengelola struktur permodalan dengan baik melalui leverage, serta memaksimalkan profitabilitas sebagai cerminan kinerja keuangan. Nilai perusahaan yang tinggi dapat menjadi daya tarik utama bagi calon investor dalam menanamkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sales growth, leverage yang diukur dengan debt to equity ratio (DER), dan profitabilitas yang diukur dengan return on assets (ROA) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022-2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 29 perusahaan sebagai sampel selama tiga tahun pengamatan, dengan total 87 data observasi. Pengujian dilakukan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 29 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, sales growth, DER, dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sales Growth, Debt to Equity Ratio, Return on Assets, Leverage, Nilai Perusahaan, dan Tobin’s Q |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Erika Listyananda Devi |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:29 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |