Premadevi, Komang Tria Chandika (2025) Penerapan Penanganan Reservasi Kamar Melalui Online Travel Agent di Holiday Inn Resort Baruna Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713057_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713057_0031126360_0029096404_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Reservasi kamar melalui Online Travel Agent (OTA) merupakan salah satu aspek penting dalam operasional hotel terutama pada peningkatan hunian kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penanganan reservasi kamar melalui Online Travel Agent di Holiday Inn Resort Baruna Bali serta mengetahui kendala yang dihadapi dan strategi yang digunakan dalam penanganannya. Proses penerimaan reservasi kamar yang masuk secara otomatis ke dalam sistem, kemudian diverifikasi dan diperbarui oleh bagian reservasi. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan efektivitas penerapan penanganan reservasi melalui beberapa indikator layanan. Penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung di bagian reservasi, wawancara dengan karyawan terkait, studi dokumentasi serta penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diperkuat dengan perhitungan kuantitatif melalui skor rata-rata per indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penanganan reservasi kamar melalui OTA di Holiday Inn Resort Baruna Bali telah berjalan secara efektif. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi meliputi kurang detailnya informasi pada voucher pemesanan, potensi terjadinya double booking akibat sistem eror, serta keterbatasan pemenuhan permintaan khusus tamu. Namun, hal tersebut masih dapat diminimalisasi dengan koordinasi internal dan komunikasi dengan pihak OTA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation, Reservation, Online Travel Agent |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Komang Tria Chandika Premadevi |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:25 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |