Handayani, Fitri Nurul (2025) Penanganan Reservasi Hotel dengan Sistem Opsigo oleh Staff Outbound pada PT Golden Rama Express Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93401_2215813011_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813011_0007086206_0026056306_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar terhadap pendapatan suatu negara. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Bali, kebutuhan akan layanan akomodasi yang nyaman dan mudah diakses semakin penting. Salah satu bagian dari layanan reservasi hotel adalah sistem reservasi yang memungkinkan wisatawan memesan kamar sesuai dengan kebutuhan mereka. Layanan reservasi hotel tidak hanya memudahkan wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka tetapi juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi pariwisata Bali. Kerja sama antara Biro Perjalanan Wisata dan hotel dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Bali. Salah satu Biro Perjalanan Wisata yang telah beroperasi di Indonesia adalah PT Golden Rama Express Bali atau Golden Rama Tours and Travel yang menyediakan layananan reservasi hotel menggunakan sistem Opsigo yaitu sistem pemesanan online yang memudahkan staff untuk melakukan reservasi hotel secara cepat dan efisien. penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penanganan reservasi hotel dengan sistem opsigo oleh staff outbound pada PT Golden Rama Express Bali dan Apa saja kendala yang terjadi dalam penanganan reservasi hotel dengan sistem opsigo oleh staff outbound pada PT Golden Rama Express Bali. Instrumen yang dipakai dalam tugas akhir ini ialah menggunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Terdapat 3 tahapan dalam reservasi yakni tahap pesiapan, tahap penanganan dan tahap akhir. Dalam proses penanganan reservasi juga terdapat beberapa kendala yang terjadi, yaitu kendala pada jaringan internet dengan dan hotel full booked. Disarankan untuk kerja sama dengan hotel lain supaya memperluas jaringan akomodasi untuk menghindari kondisi full booked dari hotel sebelumnya sehingga staff dapat memberikan penawaran opsi hotel lain yang sesuai dengan preferensi dan anggaran customer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Reservasi , Hotel, Sistem Opsigo, Pariwisata
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Fitri Nurul Handayani
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:09
Last Modified: 20 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item