Arifin, Zainul (2025) Dampak Kualitas Pelayanan dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Kelan Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834003_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834003_0006126808_0016129407_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (361kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834003_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung di daya tarik wisata Pantai Kelan. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya tuntutan terhadap pengelola daya tarik wisata untuk memberikan pelayanan terbaik guna memenuhi harapan wisatawan. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji sejauh mana kualitas pelayanan dan citra destinasi dapat menjadi nilai tambah yang berdampak langsung terhadap kepuasan pengunjung, serta mendukung keberlanjutan (sustainability) pengembangan Pantai Kelan sebagai destinasi wisata. Objek dalam penelitian ini adalah pengunjung Pantai Kelan yang berjumlah 100 responden dan 5 informan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling (pengambilan sampel dengan kriteria). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra destinasi berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap kepuasan pengunjung. Sementara kualitas pelayanan dan citra destiansi sama- sama berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan penguunjung di Pantai Kelan perlu mempertimbangkan kualitas pelayanan dan citra destinasi. Telah dibuktikan bahwa kualitas pelayanan dan citra destinasi sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Hendaknya pengelola Pantai Kelan perlu memberikan pelayanan berupa fasilitas yang baik serta meningkatkan citra positif di Pantai Kelan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung Dan Pantai Kelan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Zainul Arifin |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 02:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 02:59 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |