Wiadnyana, Putu Weda (2025) Analisis Stabilitas Lereng dan Strategi Manajemen Biaya dalam Pekerjaan Infrastruktur Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Payangan, KM. 35). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_22302_2115124124_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2115124124_0026076407_0026056410_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_22302_2115124124_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan Payangan KM. 35 di Kabupaten Gianyar terletak di daerah dataran tinggi, dengan tebing dan lereng di kedua sisi jalan yang memiliki ketinggian dan kedalaman rata-rata 15-20 m. Pada tanggal 25 Desember 2023, longsor terjadi di KM. 35 ± 200, mengganggu arus lalu lintas kendaraan dari Denpasar menuju Kintamani dan sebaliknya. Oleh karena itu, analisis stabilitas lereng dan penanganan risiko longsor yang komprehensif sangat penting dilakukan di area ini dengan tujuan untuk mengevaluasi potensi longsor dan faktor keamanan lereng pada ruas jalan tersebut. Stabilitas lereng dihitung menggunakan aplikasi GeoStudio Slope/W dengan metode analisis Bishop, Janbu, dan Morgenstern-Price. Hasil analisis menunjukkan angka keamanan rata-rata sebelum penambahan beban gempa adalah 0,75, yang belum memenuhi syarat angka keamanan minimum 1,5, sehingga lereng berpotensi longsor saat terjadi gempa. Untuk meningkatkan angka keamanan, beberapa perkuatan lereng direncanakan. Setelah penerapan metode Soil Nailing, faktor keamanan meningkat signifikan dengan rata-rata peningkatan sebesar 4,69. Metode Geotextile dan DPT juga menunjukkan peningkatan masing-masing sebesar 3,75 dan 2. Dengan demikian, strategi manajemen risiko yang komprehensif dapat diterapkan di lokasi penelitian untuk mengantisipasi potensi longsor yang dapat mengancam infrastruktur dan keselamatan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lereng, GeoStudio, Soil Nailing, Geotextiles, DPT.
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Putu Weda Wiadnyana
Date Deposited: 28 Aug 2025 00:02
Last Modified: 28 Aug 2025 00:02
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16657

Actions (login required)

View Item View Item