Rejeki, Ni Komang Chintya Ayu Sri (2025) Pengaruh Enterprise Risk Management dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan di BEI. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2115644019_0014046207_0024066408_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (469kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644019_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy

Abstract

Sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI) menghadapi dinamika dan ketidakpastian ekonomi, yang menuntut perusahaan untuk memperkuat ketahanan dan adaptabilitas mereka. Dalam konteks ini, Enterprise Risk Management (ERM) dan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi krusial untuk menjaga nilai dan reputasi perusahaan. Penelitian ini mengatasi kesenjangan studi sebelumnya dengan menganalisis pengaruh ERM dan CSR terhadap nilai perusahaan pada sektor perbankan di BEI periode 2022-2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan ERM dan CSR terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif asosiatif kausal dengan data sekunder dari laporan keuangan tahunan. Sampel sebanyak 45 perusahaan dengan 135 observasi dipilih melalui purposive sampling. Variabel independen adalah ERM dan CSR, sedangkan nilai perusahaan sebagai variabel dependen diukur dengan Tobin's Q. Analisis data melibatkan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda (uji t dan F), serta koefisien determinasi menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, baik ERM maupun CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan risiko ERM yang terlalu luas tanpa strategi penanganan dan pengeluaran CSR tanpa perencanaan strategis dipersepsikan negatif oleh investor sehingga menurunkan nilai perusahaan. Secara simultan, ERM dan CSR memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Model ini menjelaskan 94,7% variasi nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Enterprise Risk Management, Nilai Perusahaan.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Komang Chintya Ayu Sri Rejeki
Date Deposited: 21 Aug 2025 23:56
Last Modified: 21 Aug 2025 23:56
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item View Item