Susana, Putu Prajna Ning Raras (2025) Benchmarking Kewajaran Kinerja Keuangan sebagai Pemenuhan Kewajiban Perpajakan: Studi pada Industri Restoran Kepemilikan Asing. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62303_2115654013_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2115654013_0014091103_0028098702_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (473kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62303_2115654013_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
Abstract
Industri pariwisata Bali mengalami pemulihan signifikan pascapandemi COVID-19, yang ditandai dengan lonjakan wisatawan mancanegara dan peningkatan investasi asing di sektor restoran. Fenomena ini memunculkan tantangan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dan transparansi kinerja keuangan, khususnya pada restoran berkepemilikan asing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kewajaran kinerja keuangan dan tingkat kepatuhan perpajakan restoran berkepemilikan asing di Bali melalui pendekatan rasio benchmarking yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik dokumentasi terhadap data sekunder berupa laporan keuangan dan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 11 restoran berkepemilikan asing periode 2021-2024. Analisis dilakukan terhadap 13 rasio benchmarking dengan membandingkan nilai rasio wajib pajak terhadap standar DJP dan perhitungan standar deviasi sebagai batas toleransi kewajaran. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas restoran telah memiliki kinerja keuangan yang wajar sesuai standar DJP. Meski terdapat komponen beban seperti beban gaji yang melampaui rata-rata benchmark, kondisi tersebut tidak secara signifikan mengganggu kinerja keuangan karena rasio lainnya berada dalam batas kewajaran. Tingkat kepatuhan perpajakan juga mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, yang diinterpretasikan sebagai hasil strategi perusahaan dalam mengelola kewajiban perpajakan untuk meminimalkan risiko sanksi dan membangun kepercayaan dengan otoritas pajak. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat asumsi teori kepatuhan pajak oleh Allingham dan Sandmo (1972) serta pendekatan psikologi Ajzen (1991), dengan menunjukkan bahwa peningkatan kepatuhan dapat didorong melalui penerapan benchmarking sebagai alat evaluasi dan motivasi psikologis wajib pajak. Secara praktis, hasil penelitian ini bermanfaat bagi otoritas pajak untuk memperkuat pengawasan berbasis benchmarking sebagai deteksi dini ketidakwajaran, bagi restoran sebagai pedoman evaluasi rasio keuangan, serta bagi investor sebagai indikator positif dalam menilai risiko dan peluang investasi pada sektor restoran di Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Benchmarking, Kinerja Keuangan, Kepatuhan Perpajakan, Restoran Berkepemilikan Asing |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi |
Depositing User: | Putu Prajna Ning Raras Susana |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 05:45 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 05:45 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |