Nugraha, Ni Kadek Liana Yessy (2025) Analisis Kualitas Pelayanan sebagai Faktor Pembelian Berulang bagi Pengguna MICE di The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834121_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834121_0808098402_0006126808_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (435kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834121_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap pembelian berulang di The Trans Resort Bali secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis linear berganda dengan objek penelitian yaitu pengguna MICE di The Trans Resort Bali yang melakukan pembelian secara berulang dalam skala nasional dari Januari 2023 sampai dengan November 2024. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 35 responden. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini adalah dimensi dari kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati tidak berpengaruh secara parsial terhadap pembelian berulang, namun ada dimensi kualitas pelayanan yang memiliki nilai mendekati signifikansi yaitu dimensi kehandalan. Sedangkan lima dimensi kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap pembelian berulang. Hal tersebut dikarenakan setiap dimensi secara individual tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk memengaruhi keputusan pembelian berulang secara sendiri. Namun, ketika kelima dimensi tersebut dianalisis secara simultan, hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian berulang. Artinya, kombinasi dari seluruh dimensi kualitas pelayanan mampu menciptakan pengalaman pelayanan yang memuaskan, sehingga secara kolektif mendorong loyalitas pelanggan dan keputusan untuk melakukan pembelian berulang. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 0,763 berarti 76,3% perubahan pada pembelian berulang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sementara sisanya sejumlah 23,7 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pengguna MICE, Skala Nasional, Pembelian Berulang |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Ni Kadek Liana Yessy Nugraha |
Date Deposited: | 24 Aug 2025 12:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2025 12:52 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |