Lestari, Luh Putu Bayuni (2025) Analisis Brand Recognition dalam Membangun Brand Image dari InterContinental Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2415854065_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2415854065_0031126285_0014076704_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854065_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana brand recognition berperan dalam mendukung InterContinental Bali Resort brand image. Sebagai salah satu tujuan wisata mewah terkemuka di Bali, InterContinental Bali Resort harus menghadapi persaingan ketat di sektor perhotelan. Brand recognition dianggap memiliki dampak yang besar terhadap pandangan dan brand image di benak konsumen dalam industri perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis data jumlah kamar yang tersedia, frekuensi paparan merek di platform online dan offline, serta jumlah tamu yang kembali. Metode tambahan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Implementasi brand recognition di InterContinental Bali Resort yang sudah diterapkan dan berjalan dengan baik yaitu pemaparan merek yang kuat secara visual diikuti dengan afiliansi global dengan IHG (InterContinental Hotels Group) yang memperoleh manfaat kepercayaan dari loyalitas pelanggan IHG One Rewards. Program ini memperkuat brand recognition karena tamu IHG yang sering berpindah antar hotel mengenali dan memilih InterContinental Bali karena keanggotaan mereka. Brand image InterContinental Bali Resort sebagai brand global tergolong sangat baik dengan tolak ukurnya hal yang paling mendasar yaitu social review dari pengalaman para tamu. Dengan lebih banyaknya ulasan positif di online platform yang menyebutkan nama brand hal ini membantu memperkuat asosiasi positif dengan brand image itu sendiri di kalangan wisatawan. Hal yang perlu ditingkatkan yaitu konsistensi pembaharuan dan keragaman konten di online dan offline platform untuk menjaga relevansi, eksistensi dan brand recognition itu sendiri, mengadakan brand collaboration dengan brand terkenal lainnya melalui pop up event serta investasi sistem CRM (Customer Relationship Management). Penting untuk menghindari jebakan "merek mapan" yang mungkin terlihat kaku atau terlalu tradisional dibandingkan dengan pesaing lokal yang lebih inovatif. Temuan ini memberikan saran manajerial bagi InterContinental Bali Resort untuk terus memperkuat taktik pemasaran yang mengutamakan peningkatan visibilitas dan brand recognition guna menjaga brand image yang positif dan agar dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu pilihan hotel mewah yang terpercaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Recognition, Brand Image, InterContinental Bali Resort, Perhotelan, Online dan Offline Marketing
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Luh Putu Bayuni Lestari
Date Deposited: 23 Aug 2025 09:41
Last Modified: 23 Aug 2025 09:41
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item