Divana, Ni Luh Putri Nova and Putra, Andrew Wicaksana and Yoga, Dewa Made Oka Merta (2025) Sistem Pemesanan Berbasis Web untuk Meningkatkan Pelayanan di Warung Bakso Balung Slingsing. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_57401_2215323012_2215323044_2215323052_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Manual Book] Text (Manual Book)
Manual_Book_TA (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 4 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 4 dan Referensi)
RAMA_57401_2215323012_2215323044_2215323052_197306261999032001_198507062015042003_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Proyek pengembangan website sistem pemesanan makanan dan minuman berbasis website ini ditujukan untuk Warung Bakso Balung Slingsing sebagai solusi atas proses pemesanan manual yang dinilai kurang efisien, berisiko kesalahan, dan memperlambat pelayanan. Sistem ini memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan secara mandiri menggunakan pemindaian QR Code pada meja, serta mendukung pemesanan oleh kasir melalui sistem Point of Sale (POS). Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti manajemen menu, pemesanan mandiri, transaksi digital, pencetakan struk, serta laporan penjualan harian dan shift kasir. Sistem dibangun menggunakan Laravel di bagian backend dan Tailwind CSS, HTML, serta JavaScript pada bagian frontend. Teknologi payment gateway Midtrans diintegrasikan untuk mendukung metode pembayaran digital seperti dan e-wallet. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode Waterfall, dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Proses pengujian dilakukan melalui metode black box testing dan uji integrasi pada seluruh fungsionalitas utama sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat berfungsi sesuai spesifikasi dan membantu mempercepat proses pelayanan, mengurangi antrean, serta meningkatkan efisiensi transaksi di Warung Bakso Balung Slingsing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemesanan, Laravel, Point of Sale, QR Code, Payment Gateway, Midtrans
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Putri Nova Divana
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:19
Last Modified: 09 Sep 2025 07:19
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item View Item