Apriliani, I Dewa Ayu Tresna (2025) Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Kualitas Pelayanan, dan Pelayanan Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Bangli. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2115644127_0016106407_0011056712_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644127_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644127_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy

Abstract

Perbedaan jumlah kendaraan bermotor yang tercatat di Badan Pusat Statistik Provinsi Bali dengan jumlah kendaraan yang melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Bangli menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat akan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor sehingga, pemerintah berupaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Bali Nomor 54 Tahun 22 melalui program pemutihan pajak kendaraan bermotor, meningkatkan kualitas pelayanan, dan menerbitkan pelayanan samsat drive thru untuk memudahkan wajib pajak dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif yang berlokasi di Kantor Bersama Samsat Bangli dan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bangli. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan rumus slovin sehingga memperoleh 100 sampel penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statisctic Version 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) program pemutihan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor 3) pelayanan samsat drive thru berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor 4) program pemutihan pajak, kualitas pelayanan, dan pelayanan samsat drive thru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah sampel penelitian dan menambahkan variabel lain selain program pemutihan pajak kendaraan bermotor, kualitas pelayanan, dan pelayanan samsat drive thru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Samsat Drive Thru, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Dewa Ayu Tresna Apriliani
Date Deposited: 23 Aug 2025 06:25
Last Modified: 23 Aug 2025 06:25
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item