Triani, Komang Putri Nova (2025) Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Kredit pada Hotel ABC di Kawasan Nusa Dua Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62401_2215613072_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, BAB 1, BAB5, Referensi)
RAMA_62401_2215613072_0810099101_0022068901_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (902kB) |
Abstract
Hotel merupakan sarana akomodasi yang dikelola secara komersial untuk memperoleh laba secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pembelian kredit yang diterapkan pada Hotel Hotel ABC , serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi prosedur yang digunakan dalam mendukung kegiatan operasional hotel. Dalam praktiknya, proses pembelian kredit memerlukan pengendalian internal yang baik agar dapat meminimalkan risiko kecurangan, keterlambatan pembayaran, dan ketidaksesuaian barang. Akuntansi terdiri dari formular,catatan, dan laporan yang dirancaang untuk menyediaakan informasi keuangan yang di butuhkan manajemen bisnis. Pembelian dan penerimaan barang merupakan proses awal untuk menentukan berjalan proses dengan baik atau tidaknya operasional perusahaan. Siklus pembeliaan kredit akan berjalan dengan baik jika tidak adanya kecurangan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan pada perusaahaan di bidang perhotelan yaitu Hotel ABC. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari mekanisme pengendaliaan internal di Hotel ABC dan mengetahui bagaimana sistem pembelian kredit dan pengeluaran barang di Hotel ABC. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif pada data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur penerimaan barang di Hotel ABC belum berjalan secara ideal akibat perangkapan tugas antara bagian Receiving dan Gudang, serta kurangnya verifikasi stok dalam proses pemesanan. Hal ini berpotensi menyebabkan ketidaksesuaian data dan mengganggu operasional. Meskipun demikian, praktik administrasi seperti penggunaan dokumen bernomor urut dan kompetensi karyawan telah sesuai dengan prinsip pengendalian internal yang baik. Kata Kunci: Sistem Akuntansi, Sistem Akuntansi Pembelian, Sistem Pengeluaran Barang, Sistem Pengendalian Internal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Akuntansi, Sistem Akuntansi Pembelian, Sistem Pengeluaran Barang, Sistem Pengendalian Internal |
Subjects: | Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir |
Depositing User: | Komang Putri Nova Triani |
Date Deposited: | 24 Aug 2025 11:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2025 11:37 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |