Putrinesa, Ni Made Sri Widharani (2025) Penerapan Metode Balanced Scorecard dalam Analisis Kinerja pada Kantor Akuntan Publik I Gede Oka. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644043_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2115644043_0028126106_0019076210_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (719kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644043_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kantor Akuntan Publik (KAP) memiliki peranan penting dalam menjamin kepercayaan publik terhadap transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan suatu entitas. Oleh karena itu, KAP dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi, bermutu, dan memiliki pengelolaan internal yang andal. Analisis kinerja KAP dengan pendekatan Balanced scorecard merupakan salah satu alat ukur kinerja perusahaan dari aspek keuangan dan non keuangan melalui empat perspektif meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan di KAP I Gede Oka yang berlokasi di Badung dengan tujuan untuk mengetahui kinerja KAP I Gede Oka dilihat dari keempat perspektif dalam balanced scorecard. Jumlah pelanggan yang menjadi sampel adalah 16 entitas, dipilih menggunakan teknik convenience sampling, sedangkan jumlah karyawan yang menjadi sampel adalah 18 orang, dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, dan survei. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari analisis perspektif keuangan, yang dihitung melalui rasio lancar, rasio kas, debt to asset ratio, return on asset, return on equity, dan return on investment, secara keseluruhan menunjukkan tren yang mengalami fluktuasi peningkatan. Pada perspektif pelanggan, kinerja retensi pelanggan yang mengalami fluktuasi peningkatan dan hasil kepuasan pelanggan menunjukkan persentase pernyataan positif sebesar 92,50%. Dari perspektif proses bisnis internal tidak terdapat penambahan jasa baru, namun terdapat inovasi dalam peningkatan fasilitas dan pengembangan sumber daya manusia. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator retensi karyawan dan produktivitas karyawan menunjukkan hasil yang berfluktuasi, sedangkan tingkat kepuasan karyawan menunjukkan persentase pernyataan positif mencapai 92,43%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Sri Widharani Putrinesa |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:11 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:11 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |