Saskani, Annisa Luthfiya (2025) Sistem Informasi Manajemen Permintaan Klien dengan Integrasi Chatbot di PT Timedoor Indonesia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_58302_2115354009_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_58302_2115354009_0017038002_005019504_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (606kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_58302_2115354009_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kebutuhan layanan maintenance website mendorong perusahaan pengembang perangkat lunak seperti PT Timedoor Indonesia untuk merespons permintaan klien secara cepat dan tepat. Namun, proses pencatatan permintaan yang dilakukan melalui berbagai platform seperti WhatsApp, Notion, dan Discord menimbulkan berbagai permasalahan seperti miskomunikasi, kurangnya transparansi, dan tingginya beban kerja pada tim Customer Support Web Maintenance (CS Web). Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi manajemen permintaan klien berbasis web yang dilengkapi chatbot cerdas menggunakan metode Retrieval-Augmented Generation (RAG) sebagai solusi pencatatan, alokasi tugas, pelacakan progres, hingga pemberian informasi secara otomatis kepada klien. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan pengujian black box untuk menguji fungsionalitas sistem dan User Acceptance Testing (UAT) untuk menilai tingkat kepuasan pengguna. Sistem mencakup fitur autentikasi multi-peran, pencatatan permintaan, manajemen proyek dan tim, pelacakan task, komentar, statistik penggunaan kuota maintenance, dan interaksi chatbot. Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur berjalan dengan baik sesuai skenario. Sementara itu, hasil UAT menunjukkan tingkat penerimaan pengguna berkisar antara 87%–93%. Sistem ini terbukti membantu mengurangi beban kerja tim CS Web, mendukung transparansi komunikasi, dan meningkatkan efisiensi operasional layanan maintenance website. Dengan demikian, sistem yang dibangun tidak hanya menjawab permasalahan yang ada, tetapi juga mampu meningkatkan pengalaman klien dan produktivitas internal perusahaan melalui penerapan teknologi AI yang adaptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Permintaan Klien, Integrasi Chatbot
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak > Skripsi
Depositing User: Annisa Luthfiya Saskani
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:54
Last Modified: 25 Aug 2025 05:54
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17154

Actions (login required)

View Item View Item