Octarini, Sang Ayu Putu Berliana (2025) Analisis Pemilihan Influencer Berdasarkan Engagement Rate & Credibility dalam Meningkatkan Brand Awareness Instagram Hotel Conrad Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
RAMA_93308_2115744014_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744014_0029096404_0005037704_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744014_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan digital marketing menempatkan influencer sebagai strategi utama dalam membentuk brand awareness, terutama di platform media sosial seperti Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemilihan influencer berdasarkan engagement rate dan credibility dalam meningkatkan brand awareness Instagram Hotel Conrad Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), dengan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 55 responden pengikut akun Instagram @conradbali, serta metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi media sosial dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 4.1.1.2 menunjukkan bahwa engagement rate dan credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Secara simultan, kedua variabel memberikan kontribusi terhadap kesadaran merek dengan nilai koefisien determinasi sebesar 61,2%. Temuan kualitatif menguatkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa audiens lebih tertarik pada konten dengan interaksi tinggi dan lebih percaya pada influencer yang dinilai autentik dan profesional. Dengan demikian, pemilihan influencer yang mempertimbangkan tingkat engagement rate dan credibility terbukti lebih efektif dalam membangun brand awareness, dibanding hanya berfokus pada jumlah pengikut. Kata kunci: influencer, engagement rate, credibility, brand awareness, instagram, Hotel Conrad Bali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Influencer, Engagement Rate, Credibility, Brand Awareness, Instagram, Hotel Conrad Bali
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Sang Ayu Putu Berliana Octarini
Date Deposited: 24 Aug 2025 05:32
Last Modified: 24 Aug 2025 05:33
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17176

Actions (login required)

View Item View Item