Amanah, Firda Maulia (2025) Analisis Implementasi Sistem Naskah Dinas InJourney Airports (NADIA) untuk Meningkatkan Manajemen Administrasi Bisnis Perkantoran PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Ngurah Rai. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744129_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744129_ 0014086505_ 0015127705_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744129_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya surat masuk dan keluar yang dikelola dan kebutuhan untuk menyampaikan surat ke pihak lain dalam korespondensi perusahaan membuat sistem informasi menjadi media yang dianggap mampu dan dapat diandalkan untuk membantu mengelola surat dan membuat surat dengan mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem Naskah Dinas InJourney Airports (NADIA) di PT Angkasa Pura Indonesia kantor cabang Ngurah Rai dan dampaknya terhadap manajemen administrasi bisnis perusahaan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem NADIA telah diimplementasikan dengan baik sehingga tugas dan tanggung jawab dapat terselesaikan dengan baik. Hal tersebut bermanfaat terhadap peningkatan manajemen administrasi bisnis perusahaan yang berjalan konsisten. Meskipun demikian, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, seperti kurangnya pedoman penulisan surat yang jelas, yang menyebabkan revisi yang berulang. Penelitian ini merekomendasikan penyusunan pedoman penulisan surat dan pelatihan bagi karyawan untuk memaksimalkan penggunaan sistem. Dengan demikian, diharapkan sistem NADIA dapat berkontribusi lebih besar terhadap peningkatan kualitas layanan di PT Angkasa Pura Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, Implementasi, Administrasi |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Firda Maulia Amanah |
Date Deposited: | 24 Aug 2025 05:43 |
Last Modified: | 24 Aug 2025 05:43 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |