Yani, Ni Nengah Kerti (2025) Penanganan Guests’ Complaint oleh Waiter / Waitress di Warhol Restaurant Idoop Hotel Lombok. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full)
RAMA_93410_2215903002_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93410_2215903002_0015096308_0001018806_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (243kB) |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur yang dilakukan oleh waiter dalam pananganan Guest Complaint. Terdapat dua tahapan dalam penangan guest complaint oleh waiter/waitress di Warhol Restaurant Idoop Hotel by Parasanthi yaitu: a. Tahap persiapan yang terdiri dari tahap persiapan diri, tahap persiapan kerja, Jenis- jenis complaint yang sering terjadi di Hotel Idoop by Parasanthi yaitu kerusakan AC (AC kurang dingin), tamu menunggu pesanan terlalu lama (makanan), peralatan yang kurang bersih (cutleries), kontaminasi makanan. Cara penanganan guest complaint oleh waiter/waitress di Hotel Idoop by Parasanthi Lombok yaitu Hear them out merupakan mendengarkan secara seksama apa yang menjadi keluhan tamu, selanjutnya yaitu Emphatize atau yang dimaksud dengan berempati dimana waiter/waiteress harus menunjukkan bahwa ia berempati dengan hal yang menimpa tamu, apologize atau meminta maaf yaitu meminta maaf dengan sungguh- sungguh atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh tamu dan terakhir yaitu Take proper action and follow up atau mengambil tindakan, setelah mendengarkan dengan empati dan meminta maaf maka hal yang selanjutnya dilakukan yaitu mengambil tindakan atau penanganan yang sesuai dengan keluhan tamu. waiter/waitress melakukan semua upaya dalam penanganan complaint. Kendala pada saat menangani guest complaint oleh waiter/waitress di Hotel Idoop yaitu terkait dengan penggunaan bahasa (Bahasa korea dan Bahasa mandarin). Tidak ada satupun staff atau karyawan di Hotel Idoop Lombok khususnya di Foof and Bavarege service section yang memiliki keterampilan menggunakan bahasa korea dan cina.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanganan, Guests’ Complaint, Waiter / Waitress |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Nengah Kerti Yani |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 06:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 06:52 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |