Aulia, Biadatul (2025) Penanganan Guest's Complaint oleh Pramusaji di Flamboyan Restaurant Hotel Lombok Garden. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93410_2215903013_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93410_2215903013_0012066215_0802078701_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (300kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur yang dilakukan oleh Pramusaji dalam Penanganan Guest Complaint di Flamboyan Restaurant Hotel Lombok Garden. 2. Penanganan guest complaint oleh pramusaji di flamboyan restaurant Hotel Lombok Garden, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh seorang pramusaji sebelum melakukan penanganan complain tamu, yaitu persiapan diri dan tahap penanganan. Untuk kendala Hotel Lombok Garden telah menunjukkan tingkat profesionalisme dan keterampilan komunikasi yang sangat baik dalam menangani berbagai bentuk keluhan atau complaint dari tamu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara umum tidak terdapat kendala yang berarti yang dihadapi oleh para pramusaji dalam menangani keluhan tamu. Hal ini mencerminkan bahwa pramusaji telah dibekali dengan pelatihan yang memadai, memiliki pemahaman yang kuat mengenai standar pelayanan, serta mampu bersikap tenang, sopan, dan solutif dalam situasi yang menuntut penanganan cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Guest's Complaint, Pramusaji
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Biadatul Aulia
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:31
Last Modified: 27 Aug 2025 04:31
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item